Mudahnya Budidaya Tomat Dalam Polybag

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Tomat merupakan jenis tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan. Tumbuhan ini memiliki tinggi dewasa sekitar 1 sampai 3 meter. Manfaat tomat untuk kehidupan sehari-hari sangatlah banyak, diantaranya : Sebagai pelengkap makanan, sayur, lalapan serta kecantikan. Khusus untuk kecantikan, tomat kaya akan vitamin C yang baik guna mengecilkan pori-pori kulit dan mencerahkan kulit. Selain manfaatnya yang banyak, ternyata pembudidayaan tomat tidaklah terlalu sulit, bahkan cenderung mudah.

Revolusi Ilmiah - Budidaya tomat dalam polybag

Budidaya Tomat Dalam Polybag

Khususnya bagi Anda yang memiliki keterbatasan ruang tanam, Anda dapat mencoba membudidayakan tomat melalui polybag atau pot. Tahap-tahapnya demikian :

1. Tahap pembibitan

Jika Anda ingin menanam tomat dengan jumlah tomat yang ditanam sedikit, misalnya 32 batang, maka dapat ditambah cadangan 10 % untuk menghemat waktu dan biaya, bibit yang digunakan tidak dari pembibitan sendiri atau melalui persemaian, melainkan dengan membeli benih hibrida yang sudah siap tanam yaitu bibit yang kurang lebih berumur 21-23 hari.

2. Tahap persediaan media tanam

Media tanam yang digunakan adalah campuran antara arang sekam, pupuk kompos dan tanah dengan perbandingan volume 1:1:2 dan ditambahkan kapur dolomite satu genggam per polybag. Penambahan kapur dolomite dimaksudkan agar tanah tidak bersifat asam serta menambah unsure Ca dalam media. Media dapat ditanami tanaman minimal 1 minggu setelah persiapan media tanam dan menyesuaikan tanggal panen yang diinginkan.

3. Tahap peletakan polybag

Menanam tomat dengan polybag di lahan pekarangan, selain untuk memenuhi kebutuhan mandiri keluarga, biasanya juga bertujuan untuk memperindah pekarangan, sehingga peletakan polybag hendaknya sesuai dengan aturan jarak tanam agar pertumbuhan optimal dan juga untuk aspek seni dan keindahan.

4. Tahap penanaman

Benih yang telah disiapkan, ditanam di tengah polybag dengan kedalaman sampai batas pangkal batang bibit sekitar 7 cm dengan cara melepas plastic pada bibit. Selain itu juga, penanaman hendaknya juga mempertimbangkan saat panen yang diinginkan yaitu dengan menghitung mundur sesuai umur tanaman.

Revolusi Ilmiah - Perawatan tomat dalam polybag

5. Tahap perawatan

Kegiatan perawatan/pemeliharaan tanaman tomal ini meliputi penyulaman, pemasangan ajir, pemupukan susulan, pengairan, penyiangan, serta pengendalian hama dan penyakit.

6. Tahap pemanenan

Setelah semua proses dilaksanakan dengan baik, kita tunggu saja hasil panenannya. Tergantung berapa banyak polybag (tanaman) yang kita gunakan. Usahakan untuk memanen secara berkala sesuai kebutuhan, atau anda jual.

Demikian 6 tahap pembudidayaan tanaman tomat. Mudah sekali bukan? Rumah pangan mandiri memang menyenangkan dan tentu saja melatih kita untuk mencintai alam dan belajar bagaimana melestarikan alam dimulai dari lingkup kecil yaitu rumah. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »