5 Tips Mudah Pencegahan dan Perawatan Jerawat

Hidup Sehat - Perjalanan terjadinya jerawat
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Problem jerawat merupakan salah satu problem masa kini, banyak orang yang tidak percaya diri disebabkan karena banyaknya jerawat dalam mukanya, ada pula yang sampai harus menyendiri karena rasa malu, oleh karena itu berbagai cara ditempuh supaya jerawat tersebut hilang dan tidak kembali lagi. Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena peradangan saluran kelenjar minyak kulit, ditandai dengan adanya komedo, beruntus merah, beruntus yang berisi nanah terutama pada bagian tubuh yang banyak mengandung kelenjar minyak seperti wajah, leher, dada, punggung, bahu, lengan atas maupun bagian tubuh lainnya, dan apabila tidak disembuhkan dengan cara yang baik dan benar menyebabkan terjadinya jaringan parut. 

Timbulnya jerawat akibat adanya peradangan pada saluran kelenjar minyak sehingga menyebabkan sumbatan aliran minyak, sumbatan inilah yang menyebabkan adanya komedo, sedangkan penyebab terjadinya hal tersebut diantaranya (multi factorial) : Genetik, Ras, Haid atau pil kontrasepsi, Hormonal, Iklim, Makanan, Kejiwaan atau stres (Baca juga 4 cara mudah mengatasi stres dan depresi), Keaktifan kelenjar, Infeksi, Trauma (Baik itu tekanan, gesekan atau garukan) dan Kosmetik (Krim dasar, Krim Malam dan Pelembab). Tips hidup sehat kali ini akan mengetengahkan bagaimana mencegah terjadinya jerawat dan bagaimana perawatan wajah yang berjerawat seperti dilansir Santosa Health News.

Pencegahan Terjadinya Jerawat

Setelah kita mengetahui penyebab jerawat karena banyak faktor (multi factorial), dalam pencegahannya pun perlu diusahakan 5 hal sebagai berikut :
  1. Perawatan kulit secara rutin dan teratur karena dengan perawatan yang rutin dan teratur kita mengusahakan kondisi kulit terutama wajah selalu bersih dan sehat
  2. Merencanakan hidup teratur dan sehat atau berpola hidup sehat (baca juga 3 tips gaya hidup sehat)
  3. Melakukan diet rendah lemak dan karbohidrat. Kita mengetahui bahwa terjadinya sumbatan pada saluran minyak salah satunya akibat perlemakan yang berlebihan dalam kulit.
  4. Usahakan memakai kosmetik secukupnya dan yang aman bagi kulit
  5. Menghindari faktor penyebab ataupun faktor pencetusnya.

Hidup Sehat - Perawatan jerawat harus serius

Perawatan Wajah yang Berjerawat

Wajah yang berjerawat tentu sangat mengganggu penampilan, sehingga tak jarang menimbulkan rasa minder dan kurang percaya diri, nah berikut cara perawatan wajah yang berjerawat :
  1. Bersihkan jerawat dengan sabun khusus yang direkomendasikan dokter anda untuk meminyaki kulit, karena kadar minyak dan kelembapan yang cukup bagi kulit sangat baik dalam menjaga kulit sehat
  2. Sebaiknya ditambah toner untuk pengencangan
  3. Minum obat anti jerawat bila perlu dan perlu dikonsultasikan dengan dokter, obat ini terutama untuk mengatasi infeksi atau inflamasi yang terjadi
  4. Gunakan tabir surya yang sedikit atau tidak mengandung minyak
  5. Gunakan tata rias seperlunya, jangan sampai merusak jerawat yang sedang diobati.
Demikian info hidup sehat kali ini tentang 5 usaha pencegahan dan perawatan jerawat, harapannya adalah kita dapat menjaga tubuh anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa wajah dengan sebaik-baiknya, baik itu kalangan muda, dewasa maupun tua, dan karena salah satu penilaian kebersihan seseorang adalah wajah serta perlu diingat bahwa pengobatan jerawat tidak dapat dilakukan dengan cepat, butuh waktu dan kesabaran, sehingga dalam pengobatan teruslah melakukan hal-hal yang disarankan dan berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda, jangan bosan, kesehatan alami wajah anda akan anda dapatkan bila melalui proses yang benar. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »